Trip to Lampung

Kemaren tanggal 24 sampai 27 saya bersama teman-teman saya dari unit selam ITB mengadakan trip ke Lampung. Karena kita dari unit selam maka tujuan kami ke lampung bukan untuk mendaki gunung apalagi pertunjukan kesenian. Rencanya kami di Lampung akan melakukan ujian sertifikasi SCUBA Diving tingkat 1 star SSUBA Diving dan pelatihan transek terumbu karang (semacam pengambilan data tentang kuantitas termubu karang di suatu daerah). Kenapa di Lampung? Lampung adalah sebuah propinsi yang memilki daerah perairan berupa dua teluk besar. Perairan di teluk sangat tenang, cocok untuk melakukan diving bagi pemula.

Hari pertama kami melakukan snorkle diving dan scuba diving di pantai mutun, teluk semangka. Hari kedua kami melakukan diving di Pulau Tegal. Begitu juga dengan hari ketiga, kami melakukan pelatihan transek di Pulau Tegal. Kami disana didampingi oleh teman-teman dari klub selam anemon jurusan biologi Universitas Lampung. Secara umum terumbu karang di pulau lampungcukup bagus, tapi kurang colorfull jika dibandingkan dengan laut Indonesia bagian timur (tapi saya sendiri belum pernah kesana :-p). Kejernihanairnyapun masih kalah jika dibandingkan dengan laut Indonesia bagian timur. Katanya kalo di sana, kita bisa liat ke laut sampe belasan meter.. hmm jadi pengen kesana…

Yang menarik dari kunjungan saya ke Lampung adalah balai budidaya biota laut. Balai ini dibiayai departemen kelautan. Balai ini tugasnya ngebudidayain biota laut yang langka, trus di jual. Ketika berkunjung kesana, yang ada dalam pikiran saya adalah coba kalau balai ini yang mengelola adalah pihak swasta. Bukannya tidak percaya pada pemerintah, tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa pemerintah kita jika bekerja cendrung kurang efisien. Hal ini dapat langsung terlihat ketika saya kesana. Kondisi infrastruktur yang tidak terawat, sedikitnya pekerja, dan masih banyak lagi kekurangan-kekurangan yang seharusnya tidak perlu. Jika balai ini dikelola oleh pihak swasta pasti akan lebih efisien karena statusnya yang tidak dibiayai sehingga keuntungan yang di dapat pasti bisa lebih besar. argh.. andaikan saya punya banyak uang…

2 thoughts on “Trip to Lampung

  1. hi aulia..
    gw albert dari STPT-DC (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Diving Club).
    kita sama-sama dari mahasiswa pencinta diving.gk sengaja gw cari di google,liat blog u mengenai lampung.
    kita lagi mau ngadain trip juga ke lampung.bisa minta info2?anemon diving club bisa dapet contact person nya?

    thanks..

Leave a Reply

