Bintan dan Batam : Keindahan Pantai Bintan (Part 2, Selesai)

Pada postingan yang kedua ini saya akan mengkhususkan untuk membicarakan tentang pantai. Mengingat saya belum pernah pergi ke Raja Ampat atau ke Hawai, maka pantai yang akan saya bahas disini tentu saja pantai di Tanjung Pinang, khususnya di daerah Teluk Bakau.

Menurut saya, keunggulan pantai di Teluk Bakau dibandingkan pantai-pantai indah lain di Indonesia : virgin dan tenang.  Walaupun disini banyak terdapat resort dan hotel, tapi tetap saja lingkungan pantainya masih terbilang “virgin”, bebas dari sampah, belum banyak terdapat pedagang. Sekilas mungkin pantai disini lebih mirip pantai privat.  Mungkin hal ini dikarenakan jumlah wisatawan yang masuk tidak begitu banyak, terlebih lagi penduduk setempat juga tidak begitu ramai.

Pantai disini juga susasanya sangat tenang, jauh dari keriuhan urban. Kondisi ini mungkin berbeda jauh dengan Pantai Kuta yang suasananya heboh dengan lagu jedag jedug dan lampu warna warni. Yang terdengar hanyalah suara angin, ombak,  kicau burung-burng laut dan sesekali suara mesin speedboad yang melintas. Kalau di Pantai Kuta mungkin pemandangan yang lumrah adalah orang bule berjalan dengan bertelanjang dada dengan botol bir ditangannya sambil merangkul wanita, disini yang bisa anda lihat adalah orang bule sedang menyendiri dibawah pohon kelapa, memakai kacamata hitam, membaca buku dan memakai earphone. Pantai disini memang cocok bagi anda yang mengimpikan suasana pantai yang indah dan tenang.  Jika anda sedang dalam proyek besar menulis buku misalnya, mungkin disini bisa menjadi salah satu tempat bertapa yang cocok.

Jauh dari keriuhan kehidupan, virgin

Jauh dari keriuhan kehidupan, virgin

Curi-curi narsis

Curi-curi narsis

Main-maij di pantai, Itu yang bajunya hot kita gak kenal ya, hehehe, singaporean nyaras itu

Main-main di pantai, Itu yang bajunya hot kita gak kenal ya, hehehe, singaporean nyasar itu

Karena suasana seperti itulah, resort disini bahkan ada yang memasang tarif gila hingga ribuan dolar. Ketika kami berkeliling di Teluk Bakau, kami melihat salah satunya. Sebuah pulau kecil ditengah laut disulap menjadi resort eksklusif. Suasananya begitu privat. Jika kita menginap disana, kita akan seperti memiliki satu pulau tersebut. Berikut foto yang sempat saya ambil : (cuma pantainya saja, resortnya tidak sempat terjepret)

Pulau Kecil yang disulap menjadi privat cottage

Pulau Kecil yang disulap menjadi privat cottage

Privat Cottage

Privat Cottage

Pantai disini (daerah Teluk Bakau) umumnya merupakan pantai pasir putih dan sedikit berbatu-batu granit besar, mirip seperti kali. Kira-kira mirip dengan pantai-pantai yang ada di film Laskar Pelangi. Mungkin memang pantai di daerah pesisir timur Sumatra memiliki karakterisitik yang sama. Entahlah apa alasannya klo ditinjau dari segi geologi. Pasirnya putih bersih dan lembut. Tapi menurut saya kelembutan pasirnya masih kalah dibandingkan dengan pantai di Ujung Kulon. Airnya juga biru jernih. Bahkan di beberapa tempat terdapat gradasi warna air laut dari hijau ke biru, seperti gambar-gambar pantai indah di halaman majalah.Berikut beberapa jepretan pantai di daerah Teluk Bakau.

Gradasi warna air laut, beeer seger bener dah kayaknya itu airnya, pengen nyebur jadinya

Gradasi warna air laut, beeer seger bener dah kayaknya itu airnya, pengen nyebur jadinya

Biru Laut, Putih Pasri, Paradise

Biru Laut, Putih Pasir, Paradise

Pantai dengan batu-batu granit

Pantai dengan batu-batu granit

Another side of the beach, blue water, I really like it

Another side of the beach, blue water, I really like it

Berbicara tentang dunia bawah laut, saya pikir cukup bagus. Waktu itu saya berkesempatan untuk snorkeling di Pulau Umang. Kejernihan air (visibility) cukup baik, sekitar 7-8 meter. Memang jika dibandingkan wilayah Indonesia bagian timur masih kalah jauh. Jenis terumbu karang cukup variatif, didominasi oleh karang otak, cabang, dan bunga. Kalau dari segi warna, memang tidak begitu “berwarna” jika dibandingkan tulamben ataupun daerah timur Indonesia. Ikannya juga cukup variatif, namun mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan jenis-jenis ikannya (jika membaca setiap postingan saya yang membahas laut, dari dulu tidak ada kemajuan, selalu tidak bisa menyebutkan jenis-jenis ikan =p). Mungkin perbandingan yang pas adalah dengan Kepulauan seribu, akan tetapi dengan biru air yang lebih indah. Terumbu karang juga dapat dengan mudah kita jumpai di kedalaman 2-8 meter. Saya kebetulan tidak berkesempatan untu melakukan SCUBA, jadi saya tidak tahu lebih lanjut tentang kehidapan di bawah air di kedalaman SCUBA. Berikut hasil jepretan dari atas air (kami lupa membawa underwater cam)

Karang 1

Karang 1

Karang 2

Karang 2

Affan lagi snorkeling

Affan lagi snorkeling

Habis Snorkeling

Habis Snorkeling

Kesimpulannya, bagi anda pecinta pantai, belum lengkap pemburuan anda jika belum ke sini.  Pantai ini adalah salah satu alternatif pantai yang bagus. Sepi, tenang, indah, namun akses tidak begitu sulit. Biaya akomodasi juga cukup bersahabat (tentunya bukan yang ribuan dolar) jika dibandingkan di Bali atau di Lombok. Akses juga tidak begitu sulit jika dibandingkan daerah-daerah perawan di Indonesia lainnya. Bagi anda penggila fotogografi, saya pikir tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk memberdayakan CANON EOS atau NIKON D-sekian anda. Cocok untuk foto-foto lansekap yang indah. Atau bagi anda yang dalam proyek mengerjakan sesuatu dan butuh ketenangan, saya pikir home stay disini juga bisa menjadi pilhan yang tepat.

Anyway, have a nice trip, tunggu liputan-liputan lainnya, hehhe

–the end–

5 thoughts on “Bintan dan Batam : Keindahan Pantai Bintan (Part 2, Selesai)

  1. ngomong-ngomong tarif main jetski, banana boat, naik kano, serta snorkelingnya berapa yah???

    jadi pengen, tapi liat kantong dulu…he..

  2. mas..kira2 cottage ato hotel yg romantis di hotel mana y??ato cottage privasi yg mas sebut tu namanya cottagenya apa?? tu pantai namanya pantai bintan y?? mahal ngk biaya kesana kalo dari batam?? thx atas info nya,betul2 pemandangan yg luar biasa

  3. @jungfraw
    waduh saya tidak begitu ingat harganya

    @lien
    walah ini lagi, saya gak tau mbak, saya cuma ke satu cottage, tapi di daerah lagoi itu banyak yang bagus2 dan harganya mahal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s