Sukses dengan Konsep Serigala – Landak

Koncep Landak dan Serigala

Koncep Landak dan Serigala

Semua orang tentunya ingin sukses hidup di dunia ini. Sukses berarti kita telah sampai pada pencapaian tertinggi apa pun dalam diri kita. Sukses berarti kita dapat memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki.

Pengalaman menunjukkan bahwa orang yang sukses adalah orang yang tekun dan fokus di bidangnya. Beberapa kali saya datang ke seminar-seminar dan pelatihan, pembicara selalu menyatakan demikian.  Saya pikir hal ini tidak perlu kita perdebatkan lagi.

Namun bagaimana cara menemukan bidang yang dapat kita tekuni secara terus menerus?

Hal ini bukan lah hal yang mudah. Tidak usah jauh-jauh, teman-teman saya saja di kampus (mungkin juga saya) banyak yang masih ragu-ragu apakah jurusan yang ia pilih tepat dengan dirinya. Banyak orang yang bahkan hingga usia tua masih gonta ganti profesi karena belum menemukan bidang yang cocok untuk dirinya.

Oleh karena itu, menemukan bidang yang akan kita geluti seumur hidup sangatlah penting. Namun bagaimana caranya memilih satu dari sekian banyak bidang? Mungkin ini adalah pertanyaan semua orang di dunia ini.

Ada sebuah konsep yang diberi nama oleh pembuatnya (saya juga tidak tahu siapa nama pembuatnya) konsep landak – serigala.

Serigala biasanya mengejar mangsanya ke semua arah. Ia cendrung tidak konsisten. Sementara landak lebih konsisten mengejar sebuah prinsip dasar dengan mempertimbangkan faktor luar. Alhasil serigala menjadi binatang dengan citra tidak berkarakter.

Dalam film-film kartun serigala biasanya hanya menjadi tokoh jahat atau tokoh pelengkap yang tidak penting. Sementara landak tidak akan memerankan sembarang tokoh.

Untuk menjadi landak, maka ada lingkaran yang dinamakan the circle of the hegdehog concept

The Circle of The hegdehog Concept

The Circle of The hegdehog Concept

Lingkaran konsep landak ini menggambarkan letak bidang yang seharusnya kita tekuni terus menerus. Bidang tersebut adalah irisan dari tiga hal : sesuatu yang membuat anda sangat bergairah (passionate), sesuatu yang anda bisa menjadi yang terbaik, dan sesuatu yang memiliki economic value.

1. Sesuatu yang membuat anda sangat bergairah

1

Sesuatu yang membuat anda sangat bergairah akan memberikan anda motivasi yang tinggi. Walaupun anda mengeluarkan banyak pengorbanan untuk mengerjakannya, anda akan tetap enjoy mengerjakannya. Anda akan memiliki motivasi yang tinggi jika anda berkecimpung dalam bidang ini.

Dalam mencari pekerjaan, anda juga sebaiknya mencari perusahaan yang memiliki visi dan idealisme yang sama dengan anda. Kesamaan visi dan idealisme ini akan memberikan energi lebih buat anda dalam bekerja. Anda akan bekerja dengan sepenuh hati.

Bagaimana cara melihatnya?

Caranya sederhana. Jika anda begitu bersemangat menceritakan tentang apa bidang anda, apa yang anda kerjakan, berarti anda telah menemukan passion anda.

Banyak teman-teman sayadi kampus (atau mungkin juga saya) yang bahkan tidak suka jika diajak ngobrol tentang kuliahnya. Akhirnya fokus hidupnya berpaling pada yang lain. Tidak sedikit orang-orang seperti ini.

2. Sesuatu yang anda bisa menjadi terbaik di sana

2

Ini bukanlah sebuah strategi melainkan sebuah pemahaman mengenai apa yang bisa anda capai. Sesuka-sukanya anda dalam suatu bidang, apabila anda tidak benar-benar memiliki kompetensi, anda tidak bisa sukses.

Sebagai contoh adalah penggemar otomotif tidak akan bisa menjadi ahli teknologi mobil karena memang ia tidak memiliki kompetensi di bidang tersebut. Ia hanya bisa menjadi pecinta otmotif (sebatas hobi). Oleh karena itu kita harus pahami dan instrospeksi mengenai kompetensi yang kita miliki.

Bagaimana cara melihatnya?

Cara yang paling sederhana adalah dalam kehidupan sehari-hari, anda perhatikan apa yang membuat orang lain memerlukan kebradaan anda. Apa yang membuat orang lain selalu mengandalkan anda untuk menyelesaikan sesuatu.

Lebih jauh lagi, mungkin anda bisa mengambil tes psikologi untuk benar-benar mengetahui kemampuan dan potensi yang anda miliki. Memang ini sedikit banyak ada hubungannya dengan bakat.

3. Apa yang bisa menghasilkan uang untuk anda

3

Jika anda seorang scientist, anda telah suka dengan bidang penelitian anda dan penelitian anda berjalan dengan baik dan sempurna, namun jika penelitian anda tidak dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak bisa menghasilkan uang, maka hal ini juga akan percuma. Dengan sendirinya anda akan berhenti menjalani penelitian anda karena anda tidak akan mendapat apa-apa, you get nothing.

Bagaimana cara melihatnya?

Ini ada hubungannya dengan masalah wawasan dan pergaulan. Anda harus tau apa saja yang dibutuhkan orang. Anda harus banyak-banyak bergaul, membaca, dan mencari tahu.

Filosofi landak tersebut dapat dijadikan pijakan untuk mengembangkan karir anda sehingga anda dapat menjadi orang yang sukses di bidangnya.

Hal lain yang juga penting

Hal lain yang perlu di ingat adalah orang yang sukses selalu memiliki masterpiece. Masterpiece ini adalah manifesto keahlian anda. Masterpiece inilah yang biasanya menjadi tolak ukur penilaian keahlian anda.

Jika anda seorang CEO sukses, pasti anda punya kisah bagaimana membangun dan membesarkan sebuah perusahaan. Jika anda seorang insinyur sipil yang sukses, pasti anda memiliki proyek yang selalu anda jagokan untuk menjadi portofolio anda. Oleh karena itu, jika anda sudah merasa ahli disuatu bidang, maka hasilkanlah sebuah masterpiece.

Hal terakhir yang juga penting dalam meraih kesuksesan adalah carilah pasangan hidup yang tepat. Hampir disetiap kisah-kisah orang sukses selalu menyebutkan peran pasangan hidup. Oleh karena itu memilih pasangan hidup dengan tepat dan masak menjadi suatu hal yang penting.

NB : Tulisan ini merupakan rangkuman dari presentasi Bpk. Tri Haryo Susilo pada acara Tea Walk ITB 77.

9 thoughts on “Sukses dengan Konsep Serigala – Landak

  1. “Hal terakhir yang juga penting dalam meraih kesuksesan adalah carilah pasangan hidup yang tepat. Hampir disetiap kisah-kisah orang sukses selalu menyebutkan peran pasangan hidup. Oleh karena itu memilih pasangan hidup dengan tepat dan masak menjadi suatu hal yang penting.”

    wuiiiii >:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s