Dive di Tanjung Lesung bersama TNI AL

Dua minggu yang lalu saya berkesempatan untuk menyelam bersama TNI AL. Lokasinya berada di Tanjung Lesung, Banten. Dari Jakarta bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan darat

Sebenarnya ini adalah acara latihan gabungan sebagai persiapan untuk acara pemecahan rekor dunia untuk penyelaman terbanyak dan upacara di dalam air pada bulan agustus nant. Sebagai informasi, pada bulan Agustus nanti, Indonesia, yang di-organize oleh TNI AL akan mencoba untuk mencatat namanya di Guinnes Book of Record sebagai negara tempat penyelaman terbanyakan (1500 orang, rekor sebelumnya dipegang oleh Thailand) dan upacara di bawah air pertama di dunia. Acara tersebut akan diadakan di Menado.

Latihan dihadiri oleh 309 diver dari berbagai kalangan. Kelompok terbanyak berasal dari militer (marinir, kopasus, kostrad, dll). Selebihnya adalah orang-orang sipil, yaitu mahasiswa (dari kampus-kampus), institusi pemerintah ataupun swasta atua klub-klub diving (saat itu yang hadir dari Corona Diving Club).

Buat saya, latihan kali ini cukup berkesan. Berada di lingkungan militer merupakan pengalaman yang baru buat saya. Terlebih saat itu saya dan teman-teman sempat menginap semalam di tenda-tenda militer. Tidak ada lampu dan dinding. Gelap gulita dan dingin.

Latihan dilakukan dengan membagi-bagi kami menjadi beberapa grup. Awalnya kami dibariskan di pantai. Di laut kami memakai formasi yang sama, namun dengan posisi berkuda-kuda di dasae laut. Karena dasar laut saat itu berpasir dan ada 309 orang yang menyelam secara bersamaan dimana tidak semua orang memiliki buoyancy yang baik,  ditambah arus sangat kencang, anda bisa bayangkan seberapa jelek visibility sata itu. Tidak terbayang oleh saya bagaimana nanti di Menado ketika 1500-an penyelam menyelam bersama-sama.

Berikut saya lampirkan foto-fotonya

Bus TNI AL

Bus TNI AL

Truk TNI AL

Truk TNI AL

Serasa jadi pengungsi nginep di tenda-tenda seperti ini

Serasa jadi pengungsi nginep di tenda-tenda seperti ini

Persiapan, memasang alat SCUBA

Persiapan, memasang alat SCUBA

Mobil Medis

Mobil Medis

Bersama Marinir

Bersama Marinir

Nautika Team

Nautika Team

Group G

Group G

Selesai Latihan

Selesai Latihan

2 thoughts on “Dive di Tanjung Lesung bersama TNI AL

  1. eh kecap..
    kok gw bisa nemu blog lo yak. Lagi mau nyari refernsi diving di Tanjung Lesug nih. Eh, blog lo muncul di si mbah google.

    Eh ajak-ajak dong klo lo ada acara diving gitu..

    • haha, blog gua emang terkenal les :p
      siaap lah les, tapi sekarang2 udah jarang gua nyelem lagi les, lu dimana emang sekarang posisi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s