Catatan Tugas Akhir : Permulaan (bagian 1)

Sebagai mahasiswa tingkat lima akhir, tentunya saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir. Sebenarnya saya sudah lama memulai mengerjakan tugas akhir ini, namun baru terpikir untuk menulis tentang tugas akhir ini sekarang.

Saya memulai pengerjaan tugas akhir ini sekitar bulan februari 2009. Disaat teman-teman saya akan sidang tugas akhir, saya baru mencari dosen pembimbing. Awalnya topik tugas akhir saya adalah tentang korona (Lab. Tegangan Tinggi). Pembimbing yang awalnya saya pilih adalah Bpk. Suwarno.

Setelah beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk pindah topik. Saya merasa tidak menguasai materi tugas akhir tersebut. Saya tidak mengambil mata kuliah pilihan Teknik Isolasi dimana materi Tugas Akhir banyak dibahas di sana. Selain itu, nilai mata kuliah Teknik Tegangan Tinggi saya pun paspasan. Merasa tidak memiliki modal yang cukup, akhirnya saya pun memutuskan untuk ganti topik.

Sekitar bulan Juli 2009, akhirnya saya sudah mendapatkan topik yang baru. Topik yang akhirnya saya pilih adalah seputar power system. Sebenarnya, saya lebih berminat dengan topik seputar mesin elektrik. Namun saya lebih percaya diri pada bidang power system. Hal ini dikarenakan sewaktu saya mengambil kuliah Analisis Saluran Transmisi, saya agak serius belajarnya. Jadinya saya cukup percaya diri dengan bekal yang saya punya. Pembimbing yang saya pilih akhirnya Dr. Nanang Haryanto.

Menurut saya, memilih topik tugas akhir harus hati-hati. Banyak kasus mahasiswa tersendat mengerjakan tugas akhirnya karena kurangnya penguasaan materi tugas akhir. Pemilihan topik juga harusnya sesuai dengan minat kita. Sialnya terkadang kita tidak minat terhadap sesuatu hanya karena kita tidak mengetahui tentang sesuatu tersebut.

Oleh karena itu, bagi anda yang masih menyandang status mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3, pesan saya seriuslah dalam kuliah. Kalau anda serius, anda akan benar-benar paham dengan seputar bidang perkuliahan tersebut, terlebih lagi pengethauan anda tentang jurusan anda akan komprehensif, sehingga anda bisa dengan baik menentukan bidang yang anda minati.

Sampai saat ini, sudah sekitar 4 bulan saya mengerjakan tugas akhir. Memang empat bulan tersebut bukan empat bulan yang intensif. Waktu terlama adalah waktu untuk studi literatur, waktu untuk memahami topik tugas akhir anda. Perkiraan saya, waktu intensif saya mengerjakan tugas akhir akan terjadi pada Bulan Januari.

Seri lainnya :

Catatan Tugas Akhir : Sarjana Teknik (bagian 2)

Catatan Tugas Akhir : Sedikit Foto (bagian 3, selesai)

7 thoughts on “Catatan Tugas Akhir : Permulaan (bagian 1)

  1. Pingback: Catatan Tugas Akhir : Sarjana Teknik (part 2) « Menulis dengan Hati

  2. Pingback: Catatan Tugas Akhir : Sedikit Foto (part 3, selesai) « Menulis dengan Hati

Leave a Reply

