JobSeekerWisdom #2

Yang paling sulit dari tes psikologi adalah ketika kita tidak menerima sifat negatif atau  kekurangan-kekurangan pada diri kita sendiri. Tes Psikologi yang saya maksud disini bukan tes untuk melihat berapa kecerdasan (IQ), tapi tes untuk melihat bagaimana karakter dan sifat anda.

Kita takut bahwa perusahaan akan melihat kekurangan atau sifat-sifat negatif diri kita tersebut sehingga bisa mempengaruhi pertimbangan mereka dalam menerima kita sebagai karyawan. Akibatnya sering kali tes psikologi bukan lagi respon spontan  kita terhadap suatu pernyataan, namun kita mulai berfikir dan menimbang-nimbang sosok kita yang ideal. Akhirnya karakter kita menjadi bias, hasil tes membingungkan dan tidak mewakili diri kita.

Lalu bagaimana seharusnya?

Selayaknya kita menjadi diri sendiri. Selayaknya kita percaya dan yakin kepada diri sendiri. Lalu bagaimana kalau ternyata memang kita menjumpai banyak kekurangan pada diri kita? Maka segera rubahlah diri anda dan jadilah diri anda yang baru. Justru jadikan tes prikologi ini sebagai momen bagi anda untuk introspeksi diri. Kembangkan diri anda. Karena hal yang terpenting adalah kita tidak membohongi diri kita sendiri. Kita baik bukan karena kita mengatakan bahwa kita baik, tapi karena memang itulah diri kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s