Islam dan Kekerasan

Sudah beberapa tahun kebelakang ini , banyak sekali isu-isu kekerasan yang berkaitan dengan agama. Mulai dari kasus Geraja Yasmin, Ahmadyah sampai yang terakhir kasus konser Lady Gaga. Sudah barang tentu yang dijadikan tersangka atas semua kasus kekerasan diatas adalah Front Pembela Islam (FPI).  FPI dituduh  sebagai pihak yang suka main hakim sendiri dan gemar melakukan praktek-praktek kekerasan dalam aksinya .

Sikap FPI yang demikian membuat banyak masyarakat gerah dan tidak menyukai FPI. Citra tersebut tentu saja mengarah pada ideologi dari FPI itu sendiri yang tidak lain adalah agama Islam. Pada akhirnya, banyak masyarakat, bahkan dari kalangan masyarakat muslim sendiri, mulai membenci ajaran islam itu sendiri. Ditambah dengan gencarnya pemberitaan media, maka munculahislamphohbia dimana-mana. Islam dipandang sebagai agama yang familiar dengan kekerasan. Orang begitu takut melihat baju koko dan gamis.

Dalam tulisan ini saya, tidak ingin mengulas tentang kasus-kasus diatas ataupun tentang organisasi FPI itu sendiri.  Melalui tulisan ini, saya ingin mengutip berbagai peristiwa monumental dalam sejarah yang sudah direkam dunia untuk memperlihatkan bagaiamana sebenernya islam bersikap perihal kekerasan ini.

Continue reading

Kamus Sunda

 

kamus sunda

kamus sunda

Kamus sunda yang satu ini menurut saya adalah kamus sunda digital yang paling bagus.  Database kata-katanya sangat lengkap, tapi yang paling saya suka adalah fitur real time search-ya, ketika anda mengetikkan kata, maka disaat itu juga kamus ini akan langsung menebak kata yang anda cari.

Kalau ada yang lagi nyari kamus sunda yang bagus, maka saya sarankan anda untuk membuka kamus sunda ,  silahkan di coba 🙂

http://www.kamusbahasasunda.com/

Budget Traveling at Thailand : Menunggu Pulang di Bangkok (Part. 10, Selesai)

Besoknya adalah jadwal bis kami ke Bangkok. Jadwal bis agak sore, sehingga siangnya kami sempat berjalan-jalan melihat kota. Yang menarik perhatian disni hanyalah sebuah kuil di atas bukit. Saya pikir kuil ini satu-satunya landmark Krabi Town. Arsitektur kuil ini cukup unik, di bagian atapnya terdapat struktur runcing-runcing seperti api. Terdapat juga tangga yang cukup panjang untuk naik ke kuil ini. Seperti istana keramat di dalam film-film cina.

Setelah puas melihat-lihat, kami menghabiskan waktu dengan pergi ke warnet untuk mengecek email dan sedikit chatting dengan teman-teman hanya untuk dengan noraknya sekedar bilang  “Halo, gua lagi di Thailand nih”. Sekitar pukul 3 sore kami dijemput dari hotel. Kami dibawa ke (lagi-lagi) kantor travel agent untuk menunggu bis. Setengah jam menunggu akhirnya bis kami datang. Bis yang kami naiki tujuannya ke Surathani.

Continue reading

JobSeekerWisdom #2

Yang paling sulit dari tes psikologi adalah ketika kita tidak menerima sifat negatif atau  kekurangan-kekurangan pada diri kita sendiri. Tes Psikologi yang saya maksud disini bukan tes untuk melihat berapa kecerdasan (IQ), tapi tes untuk melihat bagaimana karakter dan sifat anda.

Kita takut bahwa perusahaan akan melihat kekurangan atau sifat-sifat negatif diri kita tersebut sehingga bisa mempengaruhi pertimbangan mereka dalam menerima kita sebagai karyawan. Akibatnya sering kali tes psikologi bukan lagi respon spontan  kita terhadap suatu pernyataan, namun kita mulai berfikir dan menimbang-nimbang sosok kita yang ideal. Akhirnya karakter kita menjadi bias, hasil tes membingungkan dan tidak mewakili diri kita.

Lalu bagaimana seharusnya?

Selayaknya kita menjadi diri sendiri. Selayaknya kita percaya dan yakin kepada diri sendiri. Lalu bagaimana kalau ternyata memang kita menjumpai banyak kekurangan pada diri kita? Maka segera rubahlah diri anda dan jadilah diri anda yang baru. Justru jadikan tes prikologi ini sebagai momen bagi anda untuk introspeksi diri. Kembangkan diri anda. Karena hal yang terpenting adalah kita tidak membohongi diri kita sendiri. Kita baik bukan karena kita mengatakan bahwa kita baik, tapi karena memang itulah diri kita.

JobSeekerWisdom #1

Mencari kerja mirip seperti mencari jodoh. Kita tidak akan pernah tahu perusahaan mana yang akan menerima kita. Kadangkala kita berusaha mati-matian untuk mendapatkan suatu pekerjaan, tapi ternyata tuhan tidak berkehendak, kita tidak diterima.  Sebaliknya terkadang kita agak cuek bebek dengan suatu perusahaan, tapi ternyata ia yang menghampiri.

Menunggu juga pilihan. Walopun lowongan bertebaran terkadang kita lebih ingin hanya mengamatinya saja, sampai akhirnya ada lowongan pekerjaan yang tepat buat kita. Pekerjaan yang memang benar-benar kita inginkan. Resiko menunggu ya terkadang hidup anda akan terasa sepi, karena tidak akan ada yang menemani hari-hari anda.

Kalau kata orang sih, jodoh gak kemana 🙂

Flash Mob

Mungkin banyak yang sudah mendengar tentang flash mob. Kemaren saya dapat videonya dari seorang teman, saya langsung tertarik. Satu kata : kolosal!

Kalau saya cari-cari pengertiannya di internet, flash mob itu sekumpulan orang-orang yang berkumpul disuatu tempat, mengerjakan sesuatu dan kemudian bubar. Biasanya flash mob ini dimulai oleh satu atau beberapa orang, trus baru orang-orang lain pada ngikutin. Trus ngapain tuh? banyak, tapi bisanya sih joged-joged.

Jadi misalnya waktu lari pagi di sabuga nih, tiba-tiba ada suara musik, trus satu orang langsung joged2 di tengah lapangan, trus beberapa orang lagi ngikutin (biasanya ini tim flashmob), trus baru deh orang-orang lain pada ngikut.

Di  youtube ternyata banyak video-video flash mob. Saya lebih tertarik bukan pada unsur keunikan atau artistiknya, tapi gimana joged-joged yang tadinya cuma dilakukan sama beberapa orang berubah jadi joged masal malah sampe puluhan orang. kok bisa orang-orang pada ikutan, padahal kan aneh joged-joged di depan umum.

Nih saya kasih beberapa video flash mob

Continue reading

10.10.10

Hanya saja bukan ulang tahun ke 10. Semoga dari hari ini sampai nanti orangnya tambah cakep secakep tanggalnya, dan yang paling penting adalah cakep hatinya. Ini bukan karena secara fisik saya tidak memungkinkan lagi untuk menjadi lebih cakep, tapi karena memang semuanya berasal dari hati. Pancaran hatilah yang akan terlihat pada tatapan mata, suara mulut dan sentuhan tangan.

Catatan Tugas Akhir : Sarjana Teknik (bagian 2)

Alhamdulillah…

Di depan Gerbang Ganesha 10

Alhadulillah setelah cukup lama bergelut dengan Tugas Akhir, akhirnya saya lulus juga. Sarjana Teknik , itulah akhir dari masa studi saya. Terlalu sempit sebenarnya kalau kalau akhir studi saya hanya didefiniskan dalam dua kata tersebut. Banyak peristiwa yang telah terjadi, Banyak pelajaran yang bisa diambil. Yang terpenting adalah prosesnya. Hasil hanyalah sesuatu yang kita lihat di akhir. Sarjana Teknik adalah dua kata yang yang didapat setelah jutaan kata saya tulis di buku kuliah saya.

Sebenarnya dari dulu saya ingin banyak mengupdate soal catatan tugas akhir ini. Tapi apa boleh buat, ketika mengerjakan tugas akhir saya tidak punya cukup spare pikiran untuk menulis tetek bengeknya ke dalam blog ini.

Continue reading

Budget Traveling at Thailand : Flying without Wings (Part. 9)

Malam itu tidur saya nyenyak sekali. Selain karena memang badan saya sudah hancur juga besok pagi kami harus melanjutkan perjalanan ke Krabi. Mau tidak mau malam ini kami harus istirahat dengan baik. Pada pagi harinya kami bangun agak kesiangan, mungkin karena kelahan. Setelah beres-beres kami sarapan di restoran muslim tempat kami biasa makan. Ibu-ibu penjualnya tampak sudah hapal dengan kami. Sampai-sampai ketika kami selesai makan beliau mengatakan “see you tomorrow”. We’re sorry mam, we’re not gonna see you tomorrow, we’re going to cross the sea!

Kami pulang dengan jalur yang berbeda ketika kami datang. Kali ini kami menyeberang ke Krabi. Rencananya kami akan singgah disana beberapa hari dan kemudian kembali ke Bangkok dengan bis. Kantung kami terlalu tipis untuk tiket pesawat.

Krabi merupakan daerah yang merupakan daratan dari Semenanjung Malaya. Dari kepulauan Ko Phi Phi di tengah laut, akhirnya kami kembali ke daratan Benua Asia. Berdasarkan hasil googling kami di internet, di Krabi juga terdapat pantai yang tak kalah indahnya. Banyak sekali tur-tur di Thailand yang menawarkan paket wisata kesini.

Continue reading

Bunga (Photos)

Hola…

Sudah lama tidak mosting di blog. Mau mulai nulis lagi kok jadi susah ya. Hehe..

Untuk pemanasan saya posting aja foto-foto yang saya ambil di taman rumah. Namun mohon maaf seribu maaf saya tidak bisa memberikan nama tanamannya.

NB : Dimohon buat para master-master fotografi untuk memberikan sarannya. Oiya kalau mau membantu untuk menyebutkan nama tanamannya saya sangat berterima kasih :).

Kamera : Canon EOS 600D

Lensa : Vitacon 58 mm 0.45 ft (Macro)

Continue reading

Meneladani Kepemimpinan Khalifah dan Baginda Rasulullah SAW

Pada suatu ketika dikisahkan bahwa Khalifah Umar Bin Abdul Aziz ketika sedang memberikan ceramah di depan rakyatnya, beliau berceramah sambil mengibas-ngibaskan bajunya. Setelah selesai ceramah, salah seorang sahabat menghampiri beliau dan bertanya, “Baginda, ada apa gerangan engkau mengikas-ngipaskan bajumu?”. Kemudian Khalifah Umar menjawab “Bajuku basah, aku cuma punya satu baju, tadi aku cuci dan sekarang aku pakai kembali”.

Mendengar jawaban tersebut tentu saja sahabat sangat kaget. Sahabat kemudian bertanya “Mengapa engkau tidak membeli baju saja dari dana Baitul Mal, engkau adalah pemimpin kami”. Mendengar pertanyaan tersebut khalifah umar kembali menjawab “Ah tidak usah, Aku tidak ingin memberatkan dana umat”.

Continue reading

Jogja – Solo : Solo, World’s Heritage (part. 3)

Hari ketiga kami pergi ke Surakarta. Surakarta adalah nama lain dari Solo. Menurut mas-mas yang ada di keraton, solo dinobatkan oleh Unesco sebagai world’s heritage. Hal ini adalah satu-satunya di Indonesia. Bali yang sangat “etnik” saja tidak mendapatkan gelar ini. Solo dianggap sebagai tempat kebudayaan tertua di Indonesia yang masih eksis sampai saat ini.

Saya sangat menyukai kota solo ini. Jalannya lebar-lebar, banyak pohon-pohon besarnya. Pedagang kaki limanya pun terlihat cukup teratur. Kami tidak bermalam di sini. Pergi pada pagi hari dan pulang sore hari. Berikut beberapa tempat yang kami kunjungi :

Continue reading